Senin, 24 September 2012

Perbandingan Infrared, Bluetooth, dan Wi-Fi

Seperti yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya tentang infrared, Bluetooth, dan Wi-Fi. Mereka mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. dengan begitu kita dapat mengetahui perbandingan antara ketiganya.
berikut perbandingan antara infrared, Bluetooth, dan Wi-Fi.

Jangkauan
Jangkauan area wifi lebih luas dibandingkan bluetooth dan infrared hingga 380 Km, dimana bluetooh jarak maksimum hanya berjarak 100 meter dan infrared  hanya berjarak 3 meter.
.

Standar
Bluetooth dan wi-fi bekerja pada standar yang berbeda. Baru-baru ini instalasi wi-fi didasarkan pada standar 802.11n. Perangkat Bluetooth yang saat ini mengikuti standar 2,0 bluetooth.

Sambungan dan Instalasi
Perangkat Bluetooth dan Infrared tidak memerlukan instalasi atau konfigurasi. Pengguna hanya perlu mengaktifkan bluetooth/infrared agar bisa melakukan koneksi dengan perangkat lain. Berbeda dengan wi-fi yang memerlukan beberapa konfigurasi untuk mengaktifkan wi-fi seperti menginstal router dan modem.

Jenis Jaringan
Wi-fi digunakan untuk pembentukan LAN nirkabel (Local Area Network). Sejumlah besar komputer desktop dan laptop dapat dihubungkan dengan menggunakan wi-fi. Tidak memungkinkan membentuk suatu Local Area Network (LAN) dengan bluetooth. Bluetooth memungkinkan untuk membentuk PAN (Personal Area Network). Infared disarankan digunakan pada jaringan yang penuh sesak.

Data Transfer
IrDA mampu melakukan transfer data hingga 4Mbps, 16Mbps (dalam pengembangan), sedangkan Bluetooth versi terbaru 4.0 hanya dapat mentransfer data hingga 1Mbps dimana, wi-fi memiliki kecepatan lebih tinggi hingga 3.1Mbps. Tetapi jika anda terhubung ke Internet menggunakan wi-fi, kecepatan download Anda akan lebih kecil dari apa yang akan Anda dapatkan ketika Anda terhubung menggunakan internet broadband dengan kecepatan sampai dengan 7.2Mbps.

Aplikasi
Infrared digunakan untuk data dan file transfer, dari satu perangkat ke perangkat yang lain.  Bluetooth mempunyai banyak pengaplikasiannya dapat berupa PC card atau USB adapter yang dimasukkan ke dalam perangkat. Perangkat-perangkat yang dapat diintegerasikan dengan teknologi bluetooth antara lain : mobile PC, mobile phone, PDA (Personal Digital Assistant), headset, kamera, printer, router dan sebagainya.
Aplikasi-aplikasi yang dapat disediakan oleh layanan bluetooth ini antara lain : PC to PC file transfer, PC to PC file synch ( notebook to desktop), PC to mobile phone, PC to PDA, wireless headset, LAN connection via ethernet access point dan sebagainya. 
Pada jaringan wifi, ada banyak aplikasi yang bisa digunakan, sebagaimana layaknya jaringan internet, transfer data dan aplikasi yang bisa dipakai di Bluetooth hampir semua bisa dilakukan di wifi.

"Semoga Bermanfaat"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar

 
© 2012 You Share Me Share
designed by Tafif Sulistyo
Thanks To Politeknik Negeri Semarang