Sabtu, 15 September 2012

Mikrotik


1.        SEJARAH MIKROTIK
Nama Cisco tentunya bukan nama yang asing bagi para telinga Enginer Networking dalam dunia router, yaitu sebuah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan jaringan di seluruh dunia. Akan tetapi selain Cisco ada pula router dengan nama lain yang tidak kalah populer dengan Cisco selain itu juga dengan harga yang sangat terjangkau dan ekonomis sebagai solusi murah untuk membangun sebuah jaringan, yaitu MikroTik 

 
MikroTik adalah sebuah vendor router yang dapat berupa sistem operasi yang dirangcang untuk membangun suatu jariangan router. Dengan sistem operasi ini memungkinkan suatu PC rumahan dapat dijadikan sebuah router MikroTik. MikroTik adalah perusahaan kecil berkantor pusat di Latvia. Pembentukannya diperkasai oleh John Trully dan Arnis Riekstins. John Trully adalah seorang Amerika yang bermigrasi ke Latvia. Di Latvia ia berjumpa dengan Arnis, seorang sarjana Fisika dan Mekanik sekitar tahun 1995.
Tahun 1996 John dan Arnis mulai me-routing dunia (visi MikroTik adalah me-routing seluruh dunia). Mulai dengan sistem Linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless LAN W-LAN) Aeronet berkecepatan 2Mbps di Molcova, tetangga Latvia, baru kemudian melayani lima pelanggannya di Lativia.
Prinsip dasar mereka bukan membuat Wireless ISP (WISP), tetapi membuat program router yang andal dan dapat dijalankan di seluruh dunia. Latvia hanya merupakan “tempat eksperimen” John dan Arnis, karena saat ini mereka sudah membantu negara – negara lain termasuk Srilanka yang melayani sekitra empat ratusan pelanggannya. Linux yang mereka gunakan pertama kali adalah Kernel 2.2 yang dikembangkan secara bersama – sama dengan bantuan 5 – 15 orang R & D MikroTik yang sekarang menguasai dunia routing di negara – negara berkembang. Menurut Arnis, selain staf di lingkungan MikroTik, mereka merekrut tenaga – tanaga lepas dan pihak ketiga yang dengan intensif mengembangkan MikroTik secara maraton.
Untuk negara berkembang, solusi MikroTik sangat membantu ISP atau perusahaan – perusahaan kecil yang ingin bergabung dengan internet. Walaupun sudah banyak tersedia perangkat router mini sejenis NAT, MikroTik merupakan solusi terbaik dalam beberapa kondisi penggunaan komputer dan perangkat lunak.

2.        JENIS – JENIS MIKROTIK 
MikroTik RouterOS
MikroTik RouterOS merupakan sistem operasi router yang dapat diinstall di PC rumahan biasa dengan spesifikasi rendah melalui CD. Anda juga dapat mengunduh file image MikroTik RouterOS dari website resmi versi trial di www.mikrotik.com hanya dapat digunakan dalam waktu 24 jam saja. Untuk dapat menggunakan secara full Anda harus membeli lisensi key dengan catatan satu lisensi key hanya digunakan untuk satu harddisk.
MikroTik Router Board
Merupakan MikroTik dalam bentuk perangkat keras yang khusus dalam board router yang sudah terinstalasi MikroTik RouterOS. Untuk router jenis ini lisensi sudah termasuk dalam harga router board MikroTik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar

 
© 2012 You Share Me Share
designed by Tafif Sulistyo
Thanks To Politeknik Negeri Semarang